Cara bangun rumah murah tapi bagus

Cara bangun rumah murah tapi bagus :

  1. Siapkan desain berupa gambar yang final dengan detail lengkap untuk mempermudah dalam proses pelaksanaan di lapangan sehingga memperkecil terjadinya bongkar pasang. ( fungsi tata ruang dan ukuran, desain pemilihan material bangunan yang tepat,  waktu dimulainya proses pembangunan)
  2. Pilihlah tukang bangunan atau pemborong profesional yang ahli dibidangnya yang terpercaya, hal ini tentu dapat menghemat waktu maupun biaya pembangunan rumah karena dikerjakan oleh sumber daya manusia yang benar-benar mampu mewujudkan rumah bagus sebagai idaman dan impian keluarga.
  3. Lakukan survey awal terhadap lokasi dimana akan di bangun untuk mendapakan material yang tepat dan murah yang sesuai dengan desain yang telah dibuat.
  4. Siapkan rencana tempat material yang benar untuk mempermudah proses pelaksanaan kerja sehingga proses menjadi lancar. Bila lokasi anda tempatnya terbatas ataupun akses jalan sempit maka diperlukan perencanaan yang detail dari awal supaya bahan di lokasi efektif dalam management pengaturan materialnya. Khusus untuk akses jalan sempit agar disiapkan dana extra untuk mobilisasi material.
  5. Membangun pada waktu yang tepat sebaiknya disaat musim kemarau.
  6. Saat Pelaksanaan pembangunan : lakukan fungsi kontrol yang efektif menyesuaikan gambar dengan kenyataan di lapangan, mohon diperhatikan dengan detail saat penentuan awal batas-batas bangunan, lakukan kontrol terhadap ukuran dan level bangunan yang sudah direncanakan, perhatikan juga sudut-sudutnya (Untuk menghindari bangunan miring dll) apa sudah sesuai?

Berikut ini tahapan proses pembangunan rumah lantai 1 dilapangan:

  1. Pembuatan batas-batas bangunan dan level bangunan (bouplank)
  2. Proses galian untuk pondasi menerus
  3. Pasangan pondasi menerus dengan bahan yang sudah di rencanakan (batukali, batu karang, batu padas), penentuan atapun langsung pemasangan pipa-pipa air kotor disesuaikan dengan kebutuhan
  4. Pekerjaan sloop diatas pondasi menerus (contoh dimensi 15/20 dengan pembesian besi utama 10, sengkang besi 6 dengan jarak 15cm)
  5. Pekerjaan pemasangan dinding (bahan : batu bata, batako, bata ringan dll) dan kusen sesuai dengan rencana, saat itu juga dilakukan pengecoran kolom praktis dimensi 10x10cm, besi yang di pakai tulangan utama besi 8 hanil, sengkang besi 6 hanil dengan jarak 15cm, ukuran sengkang adalah bukur sangkar dengan panjang sisinya 7,5cm
  6. Pekerjaan beton talang air, topi pada bagian Fasad, topi untuk kusen jendela dll
  7. Pekerjaan ring beton sebagai penyangga rangka atap. Dimensi 10/15 cm
  8. Pekerjaan Rangka atap (kayu, baja ringan, baja, bambu dll)
  9. Pekerjaan Pemasangan atap (genteng, seng, asbes dll), pekerjaan listplang dll
  10. Pekerjaan dinding ( Plesteran 1:5 , acian , dan plamir semen putih campur lem putih dan amplas, keramik dinding)
  11. Pemasangan Plafond (triplek, kalsiboard, gypsum dll) dan Pengecatan Plafond
  12. Pekerjaan pemasangan daun pintu dan jendela (engsel, kunci2 dll)
  13. Pemasangan Keramik lantai dan aksesoris lainnya
  14. Pekerjaan Pengecatan (sebaran cat umumnya 10m2 /liter)
  15. Pemasangan Aksesoris kamar mandi, dapur dll
  16. Pembersihan